12 SKPD Ajukan DAK ke Bappeda Prabumulih

PRABUMULIH, B1-Sebanyak 12 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Prabumulih mengajukan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN tahun 2016,  melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Prabumulih.

"Untuk Kota Prabumulih terdapat 12 SKPD yang telah mengajukan DAK, antara lain Diskoperindag, Kesbangpol, Satpol PP, BLH, BKBPPPA, Dinas ESDM, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kebersihan, Dinas Pertanian dan Dinas PU," ungkap Kepala Bappeda Kota Prabumulih Elman, Rabu (29/7).

Elman menuturkan, berkas-berkas pengajuan tersebut sudah diserahkan ke Kementerian Keuangan oleh SKPD masing-masing.

"Jadi sudah diserahkan Kementerian Keuangan. Nantinya berkas pengajuan tersebut akan diverifikasi untuk menyaring serta menilai setiap pengajuan bantuan sesuai dengan kebutuhan daerah bersangkutan," tuturnya.

Elman menerangkan, dari ke-12 SKPD yang mengajukan DAK,  Dinas Pertanian Perikanan Kehutanan dan Peternakan (DP2KP) tercatat sebagai SKPD yang paling besar melakukan pengajuan DAK yakni Rp 21 miliar.

"Besarnya pengajuan DAK tersebut mengingat DP2KP memiliki banyak bidang bidang, jadi setiap bidang mengajukan DAK untuk kemajuan program kerjanya," terangnya.

Sementara itu, Kepala DPPKAD Kota Prabumulih  Jauhar Fahri menjelaskan, bantuan DAK yang disalurkan Pemerintah Pusat tersebut nantinya akan diserahkan ke DPPKAD selaku pengelola keuangan.

"Selaku pengelola keuangan kita diberi mandat, jika dana yang diajukan sudah cair maka akan kita serahkan ke masing-masing instansi. Kita berharap pengajuan DAK tersebut terealisasi, sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan guna kelancaran pembangunan kota Prabumulih," jelasnya. (*)

No comments

Powered by Blogger.