Tingkatkan Kesehatan,Puskesmas Talang Ubi Sambangi SDN 04


Murid SD lakukan praktek cara menggosok gigi

PALI,BERITA-ONE.COM - Puluhan Siswa – Siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri 04 Kecamatan Talang Ubi,Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),lakukan praktek cara menggosok gigi dengan benar oleh tim medis Puskesmas Talang Ubi,yang dilaksanakan di halaman SDN 04 Talang Ubi Kabupaten PALI,Rabu (05/10/2016).

Praktek yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan Kesehatan pada anak khususnya di usia dini apa lagi sekolah ini merupakan rujukan untuk menjadi Sekolah Dasar Bersih dan Sehat (SDBS) , ujar salah satu tim medis saat dibincangi wartawan.

" Praktek tata cara menggosok gigi yang baik langsung kita pimpin dari tim medis Puskesmas Talang Ubi, Siswa-Siswi diminta untuk menggosok gigi sebanyak tiga kali sehari semalam,mengosok gigi pada pagi, siang dan malam hari sebelum tidur”, jelasnya.

Kepala SDN 04 yang lama Lenti Gultom, , didampingi Herawati,  kepada wartawan mengatakan, bahwa program kesehatan dilakukan hari ini untuk kelas 4, diakui olehnya bahwa seluruh siswa digilir mendapatkan bimbingan kesehatan mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. “Siswa-siswi kita ada dikasih vitamin dan diberikan sosialisasi tentang bahaya penyakit kaki gajah”, ujarnya.

Dijelaskan olehnya,Sekolah ini telah dapat SK (Surat Keputusan) dari Dirjen Kementerian Pendidikan, yang intinya SD ini merupakan satu-satunya sekolah rujukan terbaik di Kabupaten PALI, Program Imunisasi Campak, tetanus, sikat gigi massal dan pemeriksaan kesehatan mata pada anak kita”, tuturnya.

Sambungnya, “baru-baru ini sekolah kita ini mendapat bantuan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) sebesar 20 juta rupiah untuk peningkatan mutu kurikulum, juga bantuan dari Dirjen sebesar 30 juta rupiah pengadaan buku, sedangkan 80 juta-an lagi untuk pembangunan Sanitasi berupa WC yang bagus juga dari Dirjen yang baru saja dilakukan MoU”, terangnya.

Terpisah Herawati, , yang merupakan Guru Kelas 4 di Sekolah ini menambahkan bahwa Sekolah ini membutuhkan bantuan dari Pemerintah seperti labor, gedung aula tempat pertemuan dan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

Ia juga menjelaskan bahwa dari total sekitar 400 orang siswa, telah ada di SD ini, penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga). “Alhamdulillah kita telah memiliki Musholah sendiri dari bantuan wali murid, guru dan alumni SD yang sekarang sudah bisa dimanfaatkan”, ujarnya.

“Dengan diberikan bimbingan seperti ini diharapan agar anak-anak kita sehat, sehingga bisa mendulang berbagai prestasi”, harapnya.

Sementara Itu, Lismatika, S.Pd.I., Kepala Sekolah yang dilantik kemarin, menggantikan kepala sekolah yang lama,mengatakan akan meneruskan program Kepala Sekolah yang lama bahkan akan ada berbagai terobosan untuk menjadikan sekolah ini tambah maju lagi. “Nanti kita akan adakan rapat bersama Dewan Guru, setelah itu direncanakan untuk mengundang Bupati PALI untuk datang ke sekolah, namun terlebih dahulu akan dilakukannya serah terimah jabatan antara kepala yang lama buk Lenti Gultom, kepada saya kepala sekolah yang baru,selanjutnya baru kita akan berbicara tentang terobosan kedepan”, ungkapnya. 

Dirinya pun berharap pada hari senin ini nanti, “kita bersama Dewan Guru yang ada di SDN 04 ini sangat berharap Pak Bupati PALI Ir. H Heri Amalindo, MM,agar bisa menjadi pembina upacara di sekolah rujukan terbaik ini, sehingga bisa memberikan arahan secara langsung dihadapan guru dan siswa sebagai upaya memotivasi terhadap kami Dewan guru maupun siswa”, harapnya.

“Imbasnya bisa saja diketahui secara langsung oleh beliau, apa saja yang dibutuhkan oleh sekolah ini bisa diketahui secara langsung serta diharapkan dapat mendorong terciptanya sekolah rujukan berkualitas, lengkap dengan fasilitas yang dapat mendulang berbagai prestasi ditingkat nasional”, harapnya.

“Kita berharap setelah dikunjungi Bupati sekolah ini mendapatkan berbagai bantuan dana, baik bantuan dari Pusat, Provinsi, maupun bantuan dari APBD Kabupaten PALI ini sendiri, seperti penambahan Aula Pertemuan, Labor dan fasilitas lainnya”, pinta Lismatika.(Suhardi)

No comments

Powered by Blogger.