Desak Bupati Muara Enim Serahkan Aset PDAM

PALI, BERITA-ONE.COM - Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lematang Enim,Puryadi yang menyebutkan Pemkab PALI bakal rugi apabila asset PDAM dibawah naungan Perusahaan Daerah (Perusda) Muara Enim yang mengaliri air bersih di wilayah Bumi Serepat Serasan, yang disampaikannya beberapa hari lalu,mendapat cibiran dari sejumlah tokoh masyarakat.

Tokoh masyarakat PALI,Edi Rahmadi,bahwa ucapan Puryadi tidak berdasar. Pihak PDAM terlalu memandang kecil kemampuan Kabupaten di bawah pimpinan Heri Amalindo. Minggu (11/11).

"PALI tidak akan lagi memakai intake yang ada di Teluk Lubuk,apabila sudah di serahkan, semuanya bakal diputus.Sebab, ditahun 2017 PALI punya anggaran untuk bangun jaringan air bersih,dan nanti akan membuat intake di Tanah Abang,serta akan membuka jaringan baru ke Pendopo dan daerah-daerah yang dilalui jaringan air PAM tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa sebaiknya penyedia air bersih tidak dikelola oleh Perusda,melainkan harus terpisah dan langsung dibawah Bupati,  "Nantinya penyedia air bersih kalau bisa tidak lagi di kelola Perusda,dan seharusnya jangan mengambil keuntungan,tidak seperti sekarang.Dimana PDAM Lematang Enim mematok harga tinggi sehingga jadi beban berat bagi masyarakat PALI.Kami usulkan,penyedia air bersih dikelola tersendiri dan langsung dibawah Bupati," jelasnya.

Terpisah diungkapkan Wakil Ketua DPRD Pali, Darmadi Suhaimi SH, agar pihak PDAM Lematang Enim duduk bersama.Dirinya juga setuju akan rencana membangun intake di daerah Tanah Abang,bahkan kalau bisa jangan hanya disatu titik saja,tetapi harus ada di setiap kecamatan.

"Menurut undang-undang, seharusnya apabila sudah berjalan tiga tahun,asset yang ada di wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) PALI diserahkan oleh Kabupaten induk,baik itu asset berjalan maupun tidak,termasuk jaringan PDAM.Disini jangan bicara bakal untung atau rugi,lebih baik duduk bersama,agar masalah ini cepat selesai," tuturnya.

Ditambahkan anggota Komisi III, Drs Soemarjono anggota Komisi III DPRD PALI mengatakan bahwa selaku wakil rakyat dirinya bersama kawan-kawan lainnya siap menyetujui apabila Pemkab PALI mengajukan anggaran untuk pembangunan jaringan air bersih.

"Yang sifatnya untuk pelayanan masyarakat, jangan menyebut untung atau rugi. Dan saya bersama kawan-kawan yang duduk di Dewan,siap menyetujui anggaran yang diusulkan pemerintah untuk pembangunan jaringan air bersih," ucapnya.

Bahkan pengelolaan penyaluran air bersih,
nantinya dirembukan kembali,yang penting asset PDAM diserahkan ke Pemkab PALI terlebih dahulu. Dan perusda bisa mengelola perusahaan tersebut,baru kita putuskan lagi melalui musyawarah.

"Undang undang RI nomor 7 tahun 2013. Kenapa sampai enggan diserahkan, toh Muaraenim tidak rugi. Apalagi intake dan jaringan papanya sedari awal dibangun dulu memang diperuntukkan untuk masyarakat Talang Ubi yang notabene masyarakat PaLI. Bahkan saat pembangunannya dulu, gagasan pembentukan kabupaten PALI sudah digaungkan, " tutupnya, yang akrab dipanggil Pakdeh. (SH-YG)

No comments

Powered by Blogger.