Pimpinan FPI, Rizieq Sihab, Diperiksa PolisiPolda Metro Jaya.

Rizieq Syihab
Jakarta,BERITA-ONE.COM-Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Syihab akan diperiksa penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (23/1/2017). Massa FPI pun akan mengawal Rizieq selama pemeriksaan. Mereka akan melakukan longmarch dari Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, hingga ke Mapolda Metro Jaya (PMJ).

Untuk mengantisipasi hal itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, menyiapkan rekayasa arus lalu lintas terkait adanya rencana aksi massa Front Pembela Islam (FPI) mengawal pemeriksaan Rizieq Shihab di Mapolda Metro Jaya, Senin ini.

Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan diperlukan adanya rekayasa arus lalu lintas sehubungan dengan adanya rencana kelompok masyarakat yang ingin menyampaikan pendapat di depan Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

"Perlu adanya pengaturan arus lalu lintas untuk menciptakan dan membangun situasi Kamseltibcar Lantas tetap kondusif dan dinamis, sehingga seluruh aktivitas masyarakat tetap berjalan dengan aman, lancar dan berkeselamatan," ujar AKBP Budiyanto.

AKBP Budiyanto mengatakan, polisi akan melaksanakan sistem pengaturan dengan tahap pertama mengoptimalkan ruas penggal jalan di depan Mapolda Metro Jaya untuk tetap memberikan ruang kepada masyarakat pengguna jalan lainnya. "Sehingga seluruh aktivitas berjalan dengan normal, sambil mengimbau kelompok masyarakat yang menyampaikan aspirasi untuk tertib dan tidak menutup jalan," kata AKBP Budiyanto.

Kedua, lanjut AKBP Budiyanto, apabila situasi lalu lintas di depan Mapolda Metro Jaya terhambat, dan menurut pertimbangan petugas perlu adanya tindakan diskresi kepolisian, maka akan dilakukan rekayasa dalam bentuk pengalihan arus.

Adapun rekayasa lalu lintas yang disiapkan antara lain, arus lalu lintas dari Cawang yang akan mengarah Jalan Jenderal Sudirman, di Semanggi diluruskan ke Jalan Gatot Subroto-Jalan Gerbang Pemuda-Asia Afrika-Pakubuwono-CSW-Blok M dan seterusnya.

Lalu, arus lalu lintas dari Bundaran HI yang akan mengarah kedepan Mapolda, di Semanggi dibelokan ke kiri ke Jalan Gatot Subroto-Simpang Kuningan belok kanan arah Mampang-Jalan Tendean dan seterusnya atau diarahkan naik ke atas Semanggi-Jalan Gatot Subroto-Jalan Gerbang Pemuda-Asia Afrika-Pakubowono-CSW-Blok M dan seterusnya.

Kemudian, arus lalu lintas dari Slipi yang akan mengarah Jalan Sudirman (depan Mapolda), di Semanggi diluruskan ke Simpang Kuningan belok kanan ke Mampang-Jalan Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Blok M dan seterusnya.

Terakhir, arus lalu lintas dari Blok M yang akan mengarah Semanggi dibelokan ke kiri ke pintu IX-Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Fly Over Farmasi-Jalan Gatot Subroto-Semanggi belok kiri ke Jalan Sudirman-Thamrin atau di Semanggi diluruskan ke Kuningan-Jalan Rasuna Said dan seterusnya.

"Rekayasa lalu lintas dalam bentuk alih arus sifatnya situasional melihat perkembangan situasi di lapangan," ucap AKBP Budiyanto.

Masyarakat diminta agar memperhatikan perkembangan melalui media sosial atau radio terkait situasi lalu lintas yang akan dilewati. Bila perlu hindari kawasan Semanggi agar tidak terjebak kemacetan parah.

Kepolisian bakal menyiapkan pengamanan terhada massa FPI yang akan mengawal pemeriksaan Habib Rizieq hari ini. Pasalnya, diprediksi akan banyak orang yang akan datang untuk mengawal pemeriksaan Rizieq.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, pihaknya akan menyiapkan pengamanan jika Habib Rizieq nantinya membawa massa seperti halnya saat pemeriksaan Rizieq di Polda Jawa Barat.

"Tetap kita persiapkan untuk pengamanannya (jika bawa massa), untuk pengawalannya pun kita siapkan," ujar Kabid Humas, Minggu (22/1/2017) kemarin.

Rencana pemeriksaan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab akan dikawal ribuan anggota FPI. (PMJ/SUR).

No comments

Powered by Blogger.