Mengenal Lebih Dekat Yaii Beck, Pencipta Lagu Dere Beju Abang.

Yaii Beck, Pencipta Lagu Dere Beju Abang
Diciptakan Semasa Bupati Musirawas, Nang Ali Solihin.

LUBUKLINGGAU-BERITA-ONE.COM- Kms Anwar Beck, BA atau akrab disapa Yaii Beck, nampak masih begitu gagah, meski kini telah menginjak usia 74 tahun. Dirinya yang ditemui di Kantor Dinas Pariwisata Kota Lubuklinggau, Senin (27/3) lalu ini, bahkan kerap melontarkan candaan kepada kami saat tengah melakukan wawancara terkait sejarah lagu daerah di Bumi Silampari.

Pria kelahiran Talang Padang, 16 Oktober 1943 silam tersebut mengaku, dirinyalah yang menciptakan salah satu lagu daerah andalan di Musirawas kala itu, yakni berjudul Dere Beju Abang yang kini kembali diaransemen ulang oleh pihak Dinas Pariwisata Kota Lubuklinggau, guna memperkenalkan kembali kepada masyarakat.

"Lagu ini direkam di era Bupati Musirawas dulu, pak Nang Ali Solihin sekitar di tahun 1990. Kalau lagu ini diciptakan jauh sebelum direkam, yaitu sekitar era 80'an. Dulu direkamnya masih pakai kaset pita (pita cassette)," cerita Yaii Beck yang juga tercatat telah menciptakan lagu di berbagai daerah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Lagu ini, diakui Yaii Beck direkam di Padang, Sumatera Barat, karena fasilitas perekaman lagu di Musirawas belum memadai dan dibawakan pertama kali oleh Karel Simon, salah satu penyanyi terkenal di Sumsel.

"Direkamnya di Tanama Record, Padang, Sumbar yang saat itu memang memiliki fasilitas rekaman lagu yang cukup mumpuni. Dan Alhamdulillah, di era Walikota Lubuklinggau, H Riduan Effendi yang wakilnya saat itu Walikota Lubuklinggau saat ini, H SN Prana Putra Sohe lagu ini, lagu saya saat itu direkam dalam bentuk CD," cerita dia.

Ia menyampaikan, lagu ini bahkan sempat ditampilkan di acara kesenian di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Saat itu, dibarengi dengan pertunjukan Mandi Kasai yang merupakan juga budaya khas Kota Lubuklinggau.

"Lagunya saat itu, dibawakan oleh penyanyi lokal lagu daerah yang kini masih aktif, Sulpa'i," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Lubuklinggau, H Luthfi Ishak menjelaskan, lagu tersebut kini menjadi salah satu lagu andalan pihaknya untuk ditampilkan di acara-acara kesenian, baik di tingkat lokal, daerah ataupun nasional.

"Kami sudah merubah aransemen lagu Dere Beju Abang ini, namun tidak merubah lirik lagu, supaya makna dan ciri khas lagunya tetap terjaga. Lagu ini, salah satu yang benar-benar membawa bahasa daerah (Base Cul) yang kental. Tujuan merubah aransemennya ini, hanya untuk mempercantik lagu saat dibawakan saja. Yang jelas tidak merubah partitur lagu, hanya mengikuti perkembangan zaman saja," jelasnya.

Terpisah, Penyanyi Dere Beju Abang, Sulpa'i mengaku, dirinya bangga bisa membawakan lagu daerah tersebut. Ia berharap, lagu ini kedepan bisa semakin dikenal, khususnya masyarakat di Kota Lubuklinggau.

"Makna lagunya, menceritakan seorang laki-laki yang menyukai seorang gadis. Namun, ia tidak berani mengungkapkan, karena tidak ada yang menemani untuk mengungkapkannya," ungkapnya. (Joni Farles)


Teks foto : Yaii Beck, Pencipta Lagu Dere Beju Abang saat bertemu Kepala Dinas Pariwisata Lubuklinggau H. Luthfi Sihak

No comments

Powered by Blogger.