Plt. Bupati Muara Enim Luncurkan Program PPAUK di 22 Kecamatan dan Panen Raya Padi Sawah di Desa Tanjung Jati


MUARA ENIM BERITA-ONE.COM -Plt. Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H.LL.M.LL.M.Ph.D., bersama Kapolres Muara Enim, AKBP. Andi Supriadi, S.H., S.I.K., M.H., dan Komandan Kodim 0404 Muara Enim, Letkol. Arh. Rimba Anwar, S.I.P., M.I.P., dan Anggota Forkopimda lainnya melaksanakan Panen Raya Padi Sawah pada Unit Pelayanan Jasa Alat Mesin Pertanian (UPJA) Cahaya Bintang di Desa Tanjung Jati, Kecamatan Muara Enim, Rabu (03/05/2023). 


Dalamnya panen raya seluas 132 hektar ini, Plt. Bupati yang juga hadir bersama Plt. Ketua TP. PKK. Kabupaten Muara Enim, Nurul Vita Utami Kaffah, S.E., juga meluncurkan program Pusat Percontohan Agribisnis Usaha Kerakyatan (PPAUK) Kecamatan Muara Enim dan PPAUK untuk 22 kecamatan lainnya.

Dalam sambutannya Plt. Bupati yang hadir didampingi Sekretaris Daerah, Ir. Yulius, M.Si., beserta kepala perangkat daerah berterimakasih kepada semua pihak, baik petani, gabungan kelompok petani (Gapoktan), penyuluh pertanian, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Kades, Camat dan seluruh masyarakat yang telah menyukseskan kegiatan panen raya ini dan turut serta bekerja keras dalam meningkatkan produktivitas pertanian.


Dijelaskan pula bahwa dari hasil ubinan yang dilakukan oleh petugas BPS dan penyuluh pertanian pada panen raya ini diperoleh produksi rata-rata Gabah Kering Panen (GBK) sebesar 11 ton perhektar.


Lebih Lanjut Plt. Bupati didampingi Staf Khusus Bupati Bidang Kinerja Pemerintah, Reformasi Birokrasi dan BUMD, Prof. Dr. Ir. H. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc., menambahkan melalui peluncuran program PPAUK ini diharapkan menjadi model atau percontohan bagi petani maupun gabungan kelompok petani dalam berwirausaha guna meningkatkan nilai produk pertanian sehingga mampu berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian kerakyatan, khususnya di pedesaan. Selain itu dirinya berharap semoga program ini dapat memberikan semangat bagi para petani untuk selalu mengembangkan budidaya pertanian khusunya pangan untuk menjadi lebih baik dan memiliki nilai jual sehingga mampu bersaing di pasaran (SM-Adv)


No comments

Powered by Blogger.