Anak Petani Sawit Ikuti Sosialisasi dan Pembekalan Kuliah Gratis AKPY STIPER Yogyakarta


SEKAYU,BERITA-ONE.COM - Direktorat Jenderal Perkebunan Kementrian Pertanian dengan dukungan pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) membuka seleksi nasional beasiswa Pendidikan tinggi vokasi. 

Hal itu dilakukan sosialisasi kepada para siswa dan siswi se-Kabupaten Musi Banyuasin di SMA Negeri 2 Unggul Sekayu, kemarin Selasa (13/06/2023). 

"Setahu saya ini yang pertama kali, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin menginisiasi program seleksi kuliah gratis bagi anak petani sawit di AKPY STIPER Yogyakarta," ungkap Tim Komunikasi dan Perwakilan AKPY STIPER Yogyakarta Arief Panca Putra, S TP, M Si terkait Sosialisasi dan Pembekalan Calon Mahasiswa Program Beasiswa SDM Sawit - BPDPKS. 

Menurutnya beasiswa ini merupakan program Direktorat Jendral Perkebunan yang di danai oleh BPDPKS dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit. 

"AKPY sebagai salah lembaga penyelenggara pendidikan yang mendapatkan 440 kuota yang harapannya para generasi muda banyuasin dapat mengambil peluang yang berharga ini," ungkap Pria Kelahiran Pagaralam ini. 

Lanjutnya, apa yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin adalah hal yang luar biasa dan patut menjadi contoh untuk daerah lain dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) anak petani sawit di daerah.  "Mudah-mudahan nantinya banyak anak petani sawit di Musi Banyuasin yang mendapatkan program kuliah gratis ini," ujar Panca 

Lebih lanjut menjelaskan mereka yang lulus, semua kebutuhan kuliah bakal ditanggung mulai dari keberangkatan dari Banyuasin sampai ke AKPY STIPER Yogyakarta termasuk kebutuhan sehari-hari seperti penginapan selama mengenyam pendidikan di kampus tersebut.  

"Mereka juga dilengkapi alat pendidikan seperti laptop secara gratis. Seluruh program ini dari Ditjenbun dan didanai oleh BPDPKS, dan seluruh fasilitas beasiswa itu dari BPDPKS,"terang Panca.

Panca juga menambahkan bagi yang lulus beasiswa, setelah lulus mereka juga langsung disalurkan atau ditempatkan di perusahaan mitra perkebunan besar di tanah air.

"Dalam pembekalan ini, para calon seleksi kuliah gratis AKPY STIPER Yogyakarta ini mendapatkan gambaran tentang bagaimana kuliah nantinya. Bisa dikatakan bagi mereka yang lulus cukup membawa badan saja sehingga ini sangat membantu mereka dalam mengenyam pendidikan SDM Sawit," ungkap Tim Komunikasi atau Perwakilan AKPY STIPER Yogyakarta ini.

"Ke Depan program ini bisa lebih besar lagi gaungnya sehingga akan semakin banyak anak petani sawit yang lulus program kuliah gratis bersama AKPY STIPER.

Sementara, PJ Bupati Musi Banyuasin, H Apriyadi MSi, melalui Kepala Dinas Pendidikan Musi Banyuasin, Iskandar Syahrianto MH, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, sudah barang tentu menyambut baik pelaksanaan sosialisasi terhadap rencana kuliah gratis dari AKPY STIPER, “Hal ini berkaitan erat dalam proses penyiapan dan peningkatan SDM di Musi Banyuasin,” katanya 

Penyiapan SDM ini tentu diharapkan harus linier dengan potensi yang ada di Muba khususnya potensi perkebunan sehingga mampu menjadi katalis bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat ke depan. “Tentu kerjasama ini akan ditingkatkan bukan hanya untuk perkuliahan namun ada temuan teknologi yg mampu menciptakan nilai tambah produk tertentu,” imbuhnya (RM)

No comments

Powered by Blogger.