PT Pertamina Gas OCSA Latih Penanggulangan Kebencanaan Untuk Warga di Tungkal Jaya


TUNGKAL JAYA, BERITA- ONE.COM- Musi Banyuasin - PT Pertamina Gas Operation Central Sumatera Area (OCSA) gelar Sosialisasi Keadaan Darurat dan Pelatihan Kebencanaan di desa Kantor Desa Margo Mulyo, Kecamatan Tungkal Jaya, Musi Banyuasin, Rabu (30/8/2023) pagi.

Dalam sosialisasi ini, Pertamina Gas OCSA memberikan pembelajaran berupa pengetahuan tentang jalur pipa yang membentang dari Jambi hingga Palembang.

Berikutnya berupa larangan adanya aktivitas disepanjang jalur pipa, serta penanggulangan apabila terjadi keadaan darurat pada jalur pipa (kebakaran ringan), serta pertolongan pertama pada kecelakaan.

Kepala Distrik Jambi PT Pertamina Gas OCSA, Fithro Rizki, mengungkapkan bahwa pihaknya melaksanakan pelatihan hari ini itu sendiri merupakan program mitigasi hal-hal yang terkait di jalur kasus-kasus kedaruratan di sepanjang jalur pipa.

"Ini rencananya memang akan berlanjut ke desa-desa lain. Memang sudah ada beberapa desa yang kita petakan untuk diajak kerjasama untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan desa-desa ini yang yang berada di sepanjang jalur pipa," ujarnya.

Lanjutannya bahwa program ini baru dimana sebelumnya sosialisasi dalam bentuk ke rumah-rumah agar masyarakat tahu bahayanya tinggal di jalur pipa.

"Kemudian kita harapkan juga kalau ada kebocoran, pemerintah Desa juga turut menyebarkan ilmunya kepada warga lainnya," harapnya.

Salah satu warga, mengungkapkan rasa terimakasihnya atas pelatihan yang telah diberikan oleh Pertamina Gas OCSA. Menurutnya ia baru memahami ilmu penanggulangan kebakaran ringan.

"Pelatihan pemadaman kebakaran ini dengan cara yang berbeda, kami selama ini tahunya hanya dengan cara sederhana dan Alhamdulillah hari ini lebih canggih caranya, apalagi tadi mendapat bantuan perlengkapan pemadam kebakaran," katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Margo Mulyo, Minarno mengatakan dirinya mewakili pemerintah Desa menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pertamina Gas OCSA yang telah memberikan sosialisasi dan pelatihan tentang tanggap darurat bencana ini.

"Terimakasih sudah memberikan sosialisasi dan pelatihan tentang tanggap darurat bencana, semoga dapan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," tutupnya. (RM)


No comments

Powered by Blogger.