Usai Melantik, Bupati Heri Amalindo Sebut Kades Ujung Tombak Pembangunan


PALI, BERITA-ONE.COM - Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM menyebut Kepala Desa (Kades) adalah ujung tombak pembangunan di suatu daerah. Hal itu disebutkan Bupati Heri Amalindo saat melantik 17 Kades terpilih, di halaman Kantor Bupati, jalan Merdeka KM 10 Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kamis (24/8/2023).

"Kades adalah ujung tombak pembangunan di suatu daerah. Kalau semua desa maju, maka daerah tersebut pasti maju," kata Bupati Heri Amalindo. 

Untuk mewujudkan desa maju diungkapkan Bupati, perlu dukungan dan kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat.

"Mulai saat ini hilangkan perbedaan saat Pilkades lalu, tidak ada lagi pendukung atas bukan pendukung. Karena perlu adanya kerjasama dan dukungan seluruh masyarakat apabila ingin maju," pesan Bupati.

Selain itu, Bupati juga menekankan kepada Kades terpilih yang baru saja dilantik agar dalam penggunaan seluruh anggaran yang berasal dari pemerintah, baik itu Dana Desa, Alokasi Dana Desa, bantuan keuangan dan program bantuan lainnya perlu perencanaan yang matang dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat.

"Kemudian, setiap pelaksanaan pembangunan harus berorientasi pada ketentuan dan aturan yang berlaku dengan amanah. Lalu pengelolaan pembangunan harus berorientasi pada hasil yang maksimal sesuai rencana dan ketentuan yang telah ditetapkan," tandasnya.

Penekanan lain yang disampaikan Bupati adalah dalam menjalankan tugas dan program pembangunan, Kades harus berorientasi pada pengabdian.

Karena kepala desa dipilih oleh rakyat sehingga masyarakat harus dilayani," tegasnya.

Setelah dilantik, 17 desa yang sebelumnya diisi Pejabat Kades, kini memiliki Kades definitif yang akan menjalankan pemerintahan di desanya masing-masing. 

Adapun nama-nama 17 kades yang baru saja dilantik dari kecamatan Talang Ubi ada lima desa. Yakni, Rudini Desa Sukamaju, Rianto Desa Suka Damai, Edi Arman Desa Beruge Darat, Lian Sasnadi Desa Semangus dan Erika Peru Desa Simpang Tais.

Kecamatan Penukal ada tiga kades, yaitu Warni Desa Gunung Raja, Alkat Desa Purun Timur dan Evan Candra Desa Mangku Negara Timur. 

Kecamatan Tanah Abang ada 7 kades, yaitu. Rio Adi Candra Desa Tanah Abang Utara, Ahmad Sartono Desa Tanah Abang Selatan, Saprin Desa Bumi Ayu, Daini Desa Tanjung Dalam, Bambang Krisna Desa Tanah Abang Jaya, Winsa Obeni Desa Muara Dua dan Iwan Subroto Desa Sukamanis. 

Penukal Utara satu kades, yakni. Eko Purwanto Desa Prabumenang serta Kecamatan Abab satu kades, yaitu. Darlani Desa Betung Selatan.(SH)

No comments

Powered by Blogger.