Kegiatan Oktober Ceria Dengan Tema Melukis Budaya Literasi Olahraga Dan Seni


MUARA ENIM,BERITAONE.CO.ID-Kegiatan Oktober Ceria merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh SD Lematang Lestari (SDLL) untuk memperingati hari-hari besar yang ada di bulan Oktober, salah satunya yaitu hari Batik Nasional. Kegiatan ini diselenggarakan di halaman SD Lematang Lestari pada hari Kamis tanggal 29 Oktober 2023. Kegiatan dimulai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh ketua YPTeL Suhartono dan kepala sekolah SD Lematang Lestari  Sri Marita Aryani

Sebagai bentuk toleransi dan cinta keberagaman budaya Indonesia, dewan guru SD Lematang Lestari menggunakan kostum yaitu pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kalimantan, Lampung, Sulawesi, dll.


Dalam acara ini seluruh siswa siswi SD Lematang Lestari mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 menampilkan tampilan seni.  Tampilan seni yang disuguhkan  beragam, mulai dari tarian, nyanyian hingga drama musical.

Beberapa siswa siswi SDLL yang merupakan peserta dan pemenang dalam FTBI (Festival Tunas Bahasa Ibu) tingkat Kabupaten yang diadakan tanggal 2-3 Oktober lalu juga turut menampilkan penampilan terbaiknya. Mulai dari puisi, dongeng tari-tarian, dan stand up comedy disuguhkan oleh peserta FTBI tersebut.

Wali murid pun turut antusias memeriahkan acara ini dengan mengikuti lomba kuliner masakan khas Indonesia. Setiap kelas menampilkan makanan khas dari daerah2 yang berbeda seperti sumatera selatan, jawa, hingga sulawesi. Hidangan kuliner ini akan dinilai langsung oleh dewan juri. 


Salah satu rangkaian acara yang juga menarik adalah adanya talk show. Dalam talk show ini, SD Lematang Lestari mengundang bapak Roni Ardiansyah, S.Pd., M.Si. yang merupakan kepala sekolah SMP Negeri 1 Prabumulih. Talk show ini mengupas tuntas literasi dan karakteristik anak.

Semoga dengan adanya Pentas seni ini dapat menjadi kesempatan dan tempat untuk para siswa dalam mengembangkan minat, bakat dan kreativitas serta menumbuhkan kepercayaan diri, serta menyadarkan dan menumbuhkan sikap toleransi atas keberagaman budaya yang ada di Indonesia.(MM)


No comments

Powered by Blogger.