Musim Kemarau : Bupati Ogan Ilir Melebung Ikan Bersama Masyarakat..!!


OGAN ILIR-BERITA-ONE.COM-- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H. didampingi para Forkopimda Kabupaten Ogan Ilir, dan bersama Kepala Desa se Kabupaten Ogan Ilir Melebung Ikan Bersama Masyarakat. di Lebak Lebung Kades Dusun I  Desa Sungai Rotan ,Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir, pada Jum'at (13/10/2023).

Bupati Panca Wijaya Akbar menyampaikan Kegiatan " Melebung " merupakan kegiatan memanen ikan secara bersama-sama disaat musim kemarau tiba.

Melebung adalah tradisi turun temurun dari Daerah Kabupaten Ogan Ilir,  yang dilakukan oleh Masyarakat Ogan Ilir setiap datangnya musim kemarau, melebung ini ialah mencari atau menangkap ikan dilakukan secara beramai-ramai, dilakukan disebuah lebung atau danau yang airnya sudah surut,  dengan menggunakan alat penangkap ikan yang beragam, mulai dari jaring ikan, serekap, jala dan lain sebagainya " Ungkap Bupati Panca

Kemudian menurut Bupati Panca , tradisi Melebung ini harus mesti dilestarikan, sebagai salah satu budaya yang ada di Ogan Ilir.

Tradisi Melebung ini harus sama-sama kita lestarikan, sebab taradisi Melebung ini rutin di lakukan oleh Masyakarat Kita saat datangnya musim kemarau, untuk itu Saya mengajak jadikan tradisi Melebung ini sebagai salah satu aset budaya di Kabupaten Kita yang benar-benar mesti kita jaga dan lestarikan " Terang Bupati Panca

Tak hanya itu, dikatakan Bupati Panca juga, dari tradisi Melebung ini, tentunya selain kegiatan untuk berloba-lomba berburu ikan, Melebung ini juga bisa dijadikan sebagai ajang silahturahmi atar sesama warga yang ada di kabupaten Kita ini.

Menurut Saya Melebung ini patut juga bisa kita jadikan tradisi ajang silahturahmi ,sebab dalam kegiatan melebung ini , tak hanya warga setempat, menurut informasi yang Saya dapat ,ada juga sejumlah warga luar Desa setempat  yang sering ikut dalam Melebung seperti ini, dari Melebung ini sesama warga bisa dapat saling kenal, dari tidak saling kenal menjadi saling kenal, cocok sebagai ajang mempererat tali silahturahmi antar warga Ogan Ilir pada khususnya "kata Panca

Kegiatan melebung merupakan tradisi tahunan Masyarakat Kabupaten Ogan Ilir, provinsi Sumatera Selatan, yang dilakukan Masyarakat Ogan Ilir setiap datangnya musim kemarau.(Zaki)

No comments

Powered by Blogger.