Ini Perjuangan Seorang Kades Di Ogan Ilir Untuk Hidupkan UMKM...!!

Erik Asillah Kepala Desa Burai Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera selatan

OGAN ILIR-BERITAONE.CO.ID--Tak kenal lelah dan berputus asah, perjuangan dari salah satu seorang Kades yang ada Kabupaten Ogan Ilir, demi untuk menghidupkan UMKM di setiap Desa,  Erik Asillah.Am.kep. rela luangkan waktu untuk diundang oleh Dinas Pariwisata Sumsel untuk menjadi narasumber di berbagai kelompok UMKM di Daerah yang ada di provinsi Sumatera Selatan.

Salah satu contohnya, Beliau pernah di minta oleh pihak Dinas Pariwisata, untuk menjadi narasumber pengembangan Desa wisata di tingkat Daerah, bersama Muhammad Iqbal Djohan, MM.Par., CHE., CEE., CIQnR. yang merupakan dosen Politekknikpar dari kementerian Pariwisata RI.

Kades Erik pernah menjadi narasumber untuk pengembangan Desa wisata UMKM di Lubuk Linggau, Pagaralam, di Kabupaten Musi Rawas, Muratara, Empat Lawang, dan kemudian di Daerah Kabupaten OKU.

Saat diwancarai awak media ini, Erik menyampaikan, pengembangan UMKM di setiap Desa sangatlah penting, guna menguatkan perekonomian di Masyarakat.

UMKM adalah salah satu sumber pendongkerak ekonomi bagi Masyarakat, jika setiap Desa betul-betul serius dalam mengelola UMKM produk khas Daerahnya masing-masing, maka Kami yakin walaupun produk khas di sebuah Daerah tersebut terlihat sederhana, namun jika di kemas dengan sedemikian rupa, maka secara otomatis nantinya produk tersebut akan dapat bernilai ekonomis tinggi dipasaran, contoh, produk Kipas yang terbuat dari anyaman bambu yang dibuat oleh pelaku UMKM yang ada di Desa Tanjung Tambak Baru, Kecamatan Tanjung Batu misalnya, dari bentuk fisik kipasnya sangat sederhana sekali, hanya sekedar anyaman bambu yang diberi tangkai, namun jika Kita tambah dengan pernak pernik lain, maka produk tersebut akan menjadi bernilai tinggi " Ungkap Kades Erik

Kemudian dikatakan Erik, di kabupaten Ogan Ilir ini, termasuk salah satu Daerah yang  terbanyak memiliki para pelaku UMKM, baik yang  memproduksi kerajinan tangan, bidang kuliner, dan produk-produk UMKM lainnya.


Erik merupakan kepala Desa Burai yang ada di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Beliau ini termasuk salah satu Kades di Indonesia penggiat dalam pengembangan Desa wisata, terbukti di Desanya sendiri telah berapa kali mendapatkan penghargaan dibidang pariwisata, baik itu penghargaan di tinggakat Kabupaten dan Nasional,  dengan destinasi Desa ekowisata terfavorit.

Sementara itu, dengan adanya kegiatan Bimtek tentang pengembangan UMKM menuju potensi Desa wisata yang dilakukan Erik dan rekan-rekan di Desanya beberapa waktu yang lalu, Kades Tanjung Tambak Baru, Kecamatan Tanjung Batu, sangat menyanbut baik.

Selaku kades, tentunya saya sangat menyambut baik dengan adanya Bimtek bagi para pelaku UMKM ini,  Bintek ini  sangat besar sekali manfaatnya bagi Masyarakat, sebagai bekal Ilmu untuk mengembangkan UMKM di Desa masing-masing " Ungkap Kades Tanjung Tambak Baru.(zaki)

No comments

Powered by Blogger.