Izin PT Gold Water Prabumulih Terancam Dicabut

PALEMBANG, B1 - Beberapa izin perusahaan yang beroperasi di Sumatera Selatan terancam dicabut. Salah satunya adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Pertambangan Minyak dan Gas Bumi PT Gold Water (dulu disebut PT Retco) yang berkantor di kompleks PT. Pertamina Prabumulih. 
Dikabarkan, Pemerintah Propinsi Sumsel melalui Dinas terkait akan mencabut izin operasional perusahaan yang memiliki lokasi tambang di Tanjung Miring Timur (TMT) tersebut dikarenakan tidak peduli dengan lingkungan dan telah mendapatkan rapor merah dari Pemerintah Provinsi Sumsel.
Penilaian yang dilakukan oleh BLH Sumsel terhadap perusahaan yang selama ini beroperasi di Sumsel, merupakan wujud dari perhatian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat yang berada di sekitar atau areal perusahaan tersebut beroperasi. 
Kendati demikian, terlebih dahulu pihaknya akan memberikan pelatihan bagaimana perusahaan mengatasi limbah yang dihasilkannya. 
“Sehingga, tidak memberikan dampak buruk kepada masyarakat sekitar,” tegasnya.
Sementara itu, menurut Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Pemeliharaan Lingkungan, Hadenli Hugihan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI telah melakukan penilaian terhadap 89 perusahaan yang beroperasi di Sumsel.
“Garis besar kriteria penilaian yakni, tidak ada pencemaran ke lingkungan sekitar oleh perusahaan, pemeliharaan baik udara maupun air, Pemeliharaan limbah B3 terpenuhi,” papar Hadenli.
Dari hasil penilaian, ditemukan dua perusahaan mendapatkan peringkat emas, 11 perusahaan mendapatkan peringkat hijau, 59 perusahaan mendapatkan peringkat biru, dan 17 perusahaan mendapatkan peringkat merah. Hasil tersebut merupakan penilaian peringkat kinerja kelola lingkungan (Proper) 2013-2014, sesuai dengan Surat Keputusan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 180 Tahun 2014.
Sementara nama Perusahan yang mendapatkan Rapor merah dan Izinnya terancam dicabut adalah.
1. PT Panca Samudera Simpati         (Palembang)

2. PT Sumatera Prima Fiberboard         (Ogan Ilir)
3. PT Sawit Mas Sejahtera Kikim Area    (Lahat)
4. PT Mahkota Andalan Sawit         Gelumbang
5. PT Karya Sawit Lestari             (Banyuasin)

6. Hotel Novotel Palembang             (Palembang)

7. The Arista Hotel                 (Palembang)

8. PT Dunia Kimia Utama             (Ogan Ilir)
9. PT Agri Indomas                 (Palembang)

10. RSUD Palembang Bari             (Palembang)

11. Sumberdaya Sewatama (Meppo-Gen)     (Muara Enim)
12. TAC Pertamina Gold Water         
13. PT Pertamina EP Aset 2-Field Limau 
14. PT Golden Great Borneo (Lahat)

15. PT Dizamarta Powerindo (Lahat)

16. PT Aman Toebillah Poetra (Lahat)


No comments

Powered by Blogger.