Wako : YPP Memiliki Nilai Sejarah Tersendiri Bagi Kota Prabumulih



PRABUMULIH, B1 – Adanya rencana Pemerintah Kota Prabumulih untuk mengambil alih atas kepemilikan Yayasan Pendidikan Prabumulih (YPP) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) yang sampai saat ini belum terealisasi, pihak Pemkot akan segera mengupayakan agar hal tersebut dapat terwujud.
Hal ini disampaikan Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM kepada wartawan, untuk memuluskan rencana tersebut kali ini Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih telah membentuk tim yang akan mengurusi semua persyaratan pengambilalihan YPP tersebut.
"Kita terus usahakan dan saat ini tim sudah dibentuk untuk mengurusinya. Sejauh ini tim masih berkoordinasi dengan pihak BPKP dan BPK RI serta Kopertis. Ini dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan di kemudian hari yang pada akhirnya akn berbenturan pada persoalan hukum untuk realisasinya kan harus melalui prosedur,"Ujarnya.
Orang nomor satu di Prabumulih ini menjelaskan, ketertarikan Pemkot Prabumulih untuk mengambilalih kepemilikan YPP, karena YPP memiliki nilai sejarah tersendiri bagi Kota Prabumulih. Dimana, YPP menjadi salah satu syarat saat Prabumulih diusulkan menjadi Daerah Otonomi Baru belasan tahun silam.
"Salah satu syarat berdirinya Kota Prabumulih itu yakni harus ada perguruan tingginya. Untuk itulah YPP hadir untuk melengkapi persyaratan tersebut, hingga akhirnya, dengan peran serta dan keberadaan YPP memiliki kaitan yang erat satu sama lain,"Terangnya seraya mengatakan pengambilalihan tersebut tentunya harus mendapat persetujuan dari DPRD Prabumulih serta legitimasi dari Dirjen Dikti.
Selain itu, sambung Ridho dengan berakhirnya kepemilikan perguruan tinggi swasta ke pihak Pemkot kedepannya YPP diharapkan bisa memberikan sumbangsih bagi PAD Kota Prabumulih, "Banyak hal yang dirasakan jika hal ini dilakukan, selain meningkatkan mutu pendidikan di Kota Prabumulih juga bisa menjadi ladang tambahan PAD. Tidak hanya memenuhi kebutuhan mahasiswa di Prabumulih saja, kedepan YPP diharapkan bisa menampung Mahasiswa dari Luar Kota Prabumulih dan sekitarnya,” pungkasnya.

No comments

Powered by Blogger.