BPBD Evakuasi Warga Banjir




PALI,BERITA-ONE.COM - Hujan yang melanda warga Talang Pipa, kelurahan Talang Ubi Barat, kecamatan Talang Ubi, kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), mengakibatkan banjir yang cukup besar, dan Debit air dengan ketinggian hampir 4 lebih, diketahui kelurahan setiap tahun mengalami kebanjiran.
Dari pantauan awak media, Selasa malam (19/1) curah hujan turun pukul 19.30 wib, dan debit airpun semakin meningkat, sehingga warga mengalami kesulitan, dan harus di evakuasi, sekitar pukul 03.00 wib Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), harus terjun kelapangan untuk mengevakuasi warga.
Kaban BPBD Rusman Firman MM melalui Kusmin staf BPBD Kabupaten Pali, mengungkapkan warga terpaksa di evakuasi, disini pihaknya menyediakan 2 unit perahu, satu tali tambang dan ban, baju pelampung, di kelurahan Talang Ubi Barat, ada beberapa titik Jalan yang terendam, diantara Jalan Talang Tumbur, Jalan Talang Pipa, Jalan Talang Baru. Kamis (20/1)
"Pihaknya sudah menyiapkan satu unit tenda darurat, untuk pelayanan masyarakat, bukan hanya BPBD saja, akan tetapi Dinkes sudah menyiapkan satu unit kesehatan, apabila warga terkena penyakit langsung datang ke mobil tersebut, " ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinkes kabupaten Pali dr Eni Zatillah MKm, disini pihaknya sejak pukul 03.00 wib dini hari, sudah menyiapkan satu unit mobil kesehatan, apabila warga sakit bisa langsung konsultasi, dan langsung mengambil obat disana, serta petugas Dinkes berjaga 24 jam.
Ditambahkan Lurah Talang Ubi Barat Hardin, kebanjiran diwilayah ini setiap tahun, akan tetapi tidak sedalam waktu yang lalu, sebab bantaran ilir sungai Abab sudah dilakukan pengerukkan, dan pemerintah sudah berupaya semaksimal mungkin, untuk memberikan bantuan.

"Saya bersama staf langsung memonitor, beberapa titik yang terendam banjir, di Jalan Pipa memiliki 8 Rukun Tetangga, dan 3 Rukun Warga, disini seluruh Dinas sudah melakukan siaga satu, untuk menanggulangi bencana banjir ini, jangan sampai sungai abab memakan korban, oleh karena itu adanya evakuasi, " tutupnya. (Fr)




No comments

Powered by Blogger.