Diduga Di Capil Banyak Oknum Calo



PALI,BERITA-ONE COM- Pembuatan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP), maupun Akte kelahiran, di kantor Dinas Kependudukan Catatan dan Sipil (Disdukcapil), kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), diduga banyak oknum calon, untuk mempercepat pembuatan, hanya mengeluarkan sejumlah uang, pembuatan tersebut sehari sudah selesai.
Dikatakan Narasumber enggan disebutkan namanya, membenarkan adanya perihal ini, bahwa ada oknum calon untuk pembuatan e-ktp maupun akte kelahiran dengan cepat, dan harus mengeluarkan sejumlah uang mempelancar pekerjaan tersebut. Selasa (2/2)"Saya harus menunggu lama, apabila mengeluarkan uang sebagai pelicin pekerjaannya, untuk pembuatan e-ktp dan Akte Kelahiran harus mengeluarkan uang sebesar Rp 100 ribu, sedangkan tertulis di kantor tersebut bahwa pembuatan e-ktp maupun Akte Kelahiran gratis, " ujarnya.
Saat dikonfirmasi Kades Talang Akar Heru Martin, bahwa sekarang ini pembuatan ktp maupun akte kelahiran, surat menyurat tidak memerlukan tanda tangan kepala desa, warga bisa langsung kekantor capil, tanpa surat dari kepala desa setempat."Sepengetahuannya warga yang membuat KTP harus ada tanda kepala desa sebagai domisili, bahwa warga bertempat tinggal didesa tersebut, ini terbalik bahwa warga tidak perlu lagi tanda tanga dari kepala desa, " tuturnya.Sementara itu Kadisdukcapil kabupaten Pali Rizmaliza melalui sekdin Derun, tidak membenarkan adanya perihal ini, disini tidak ada pungutan biaya alias gratis, untuk pembuatan keduanya, warga bisa langsung datang kekantornya, dan apabila merubah kode kabupaten Pali, tidak dipungut biaya sedikitpun.
Disini hanya 8 ribu yang sudah merubah kode wilayah kabupaten pali, dan ada sebagian warga yang belum memiliki e-ktp kabupaten pali, kebanyakkan dari desa pelosok, akan tetapi pihaknya sudah berupaya untuk mensosialisasikan agar warga harus wajib memiliki e-ktp, " tutupnya.
Diturunkan berita ini ada salah satu oknum calo sedang membuat beberapa e-ktp, akan tetapi melihat awak media, langsung calo tersebut lari terbirit-birit. (Fr)

No comments

Powered by Blogger.