Kepala Bagong Dihargai Rp. 200 Ribu.



MUSIRAWA ,SBERITA-ONE.COM - Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Kabupaten Musirawas, menyisir enam lokasi di Bumi Serasan Sekentenan, guna mengurangi populasi hama bagong (babi). Bahkan, setiap peserta yang berhasil mendapatkan bagong, akan diganjar dengan hadiah sebesar Rp 200 ribu per kepala bagong.
Ketua Perbakin Musirawas, Aidil Rusman mengungkapkan, kegiatan safari berburu merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh Perbakin Musirawas, termasuk sebagai rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Musirawas ke-73.

"Ini juga sebagai kegiatan peringatan hari ulang tahun Kabupaten Musirawas, terutama tujuannya untuk membantu masyarakat, khususnya petani dalam memberantas hama babi. Sebab, hama babi sekarang sangat meresahkan masyarakat, karena banyak kebun dan ladang warga yang sering rusak gara-gara hama babi," ungkapnya usai menggelar acara pembukaan kegiatan tersebut, Jumat (29/4).

Dijelaskannya, untuk peserta sendiri diakui Aidil diikuti oleh 150 orang yang terbagi menjadi  27 tim perwakilan tiga Perbakin, yakni diantaranya Perbakin Musirawas, Perbakin Lubuklinggau dan Perbakin Musirawas Utara (Muratara), serta ditambah utusan dari instansi Polri dan TNI.
"Mereka akan menyisir enam titik, diantaranya Kecamatan Rawas Ilir, Karang Dapo, Megang Sakti, Muara Lakitan, Muara Kelingi dan seputar perkebunan London Sumatera (Londsum). Pelaksanaannya selama dua hari," jelasnya.

Ia menyampaikan, nantinya setiap hasil buruan akan dibeli dan sistem yang diterapkan adalah kompetesi."Satu babi yang didapat kita hargai Rp. 200 ribu dan juga ada tropi pemenang, jadi sistemnya siapa yang paling banyak dialah akan menjadi pemenang." jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Musirawas, Hj Suwarti saat melepas rombongan, memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan Perbakin, sebab dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat, terkhusus para petani."Semoga saja populasi hama babi di Kabupaten Musirawas bisa berkurang. Kegiatan perbakin ini,mempunyai dua keuntungan, yakni pertama menyalurkan hobi menembak, kedua merupakan bentuk olahragajuga,"ungkapnya.(Joni)



No comments

Powered by Blogger.