Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Rencong Bandar 2017

ACEH ,TIMUR ,BERITA-ONE.COM - Polres Aceh Timur akan menggelar operasi Patuh Rencong Bandar 2017.
Operasi yang dimulai, Selasa 09 Mei sampai dengan 22 Mei itu mengambil Tema "Dalam Rangka Meningkatkan Tingkat Keselamatan Berlalu Lintas Dan Kepatuhan Masyarakat Terhadap Hukum Dan Undang-undang Lalu Lintas Jelang Hari Raya Idul Fitri 1438. H Di Wilayah Hukum Polres Aceh Timur.”

Operasi yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia ini sasaran kegiatan adalah, pengguna kendaraan. Petugas kepolisian akan mengedepankan tindakan represif atau menerbitkan bukti pelanggaran (tilang) terhadap pengendara melanggar aturan.

Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum pada saat memimpin apel gelar pasukan di di halaman mapolres membacakan sambutan Kakorlantas Polri; menyampaikan; Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, modernisasi ini perli diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya polantas yang terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut Promoter.

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, kita diharapkan untuk; pertama, Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, dan kelancaran serta ketertiban berlalulintas (Kamseltibcar lantas); kedua, Meningkatkan kwalitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu-lintas; ketiga, Membangun budaya tertib berlalu lintas dan ke empat, Meningkatkan kwalitas pelayanan kepada publik. Keempat poin tersebut merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan.

Dalam melaksanakan amanat Undang-undang, Polisi Lalu-lintas memiliki fungsi diantaranya; Edukasi, Enginering (Rekayasa), Enforcement (Penegakan Hukum), Identifikasi & Registrasi pengemudi juga kendaraan bermotor, Pusat K3I (Komunikasi, Koordinasi, Komando dan Kendali serta Informasi), Koordinator pemangku kepentingan lainya, Memberikan rekomendasi dampak lalu lintas dan Korwas PPNS.

Melalui operasi patuh diharapkan; Terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas; Turunya angka kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban kecelakaan lalu lintas; Berkurangnya titik kemacetan, terciptanya kerjasama yang baik ataraintansipemangku kepentingan lalu lintas, dan Terwujudnya situiasi dan kondisi kamseltibcar lantas yang mantab. Terang Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum.

Sementara itu Kasat Lantas AKP AKP Joko Utomo mengatakan, dalam Operasi Patuh Rencong Bandar 2017 ini, Petugas kepolisian akan menyasar jenis kendaraan angkutan umum atau barang, kendaraan pribadi roda empat dan roda dua. Jenis pelanggaran yang akan ditindak seperti melawan arus, tidak menggunakan pelindung kepala atau helm dan berhenti atau menurunkan/menaikkan penumpang sembarang tempat serta kelengkapan surat-surat kendaraan (SIM/STNK). Terang Kasat Lantas Polres Aceh Timur AKP Joko Utomo.

Gelar Apel Pasukan Patuh Rencong Bandar 2017 dihadiri oleh Wakapolres Aceh Timur Kompol Carlie Syahputra Bustamam, S.I.K. para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasie serta perwira lainya dan diikuti oleh seluruh anggota Polres Aceh Timur, Polisi Militer dan Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Timur. (SU).

No comments

Powered by Blogger.