Manfaat Nyata Kehadiran Pertamina Bagi Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten PALI


PALI, BERITA-ONE.COM - Sebagai bentuk tanggung jawab sosial di wilayah kerja perusahaan untuk berkontribusi dalam mendukung kemajuan daerah maupun sektor perekonomian masyarakat. Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Field Pendopo sebagai salah satu perusahaan yang berada di bumi Serepat Serasan (red- Julukan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)). selalu berupaya mendukung kebutuhan masyarakat maupun pemerintah daerah, baik itu sektor perekonomian masyarakat, Pertanian maupun infrastruktur pembangunan lainnya.

Bentuk nyata yang dilakukan perusahaan belum lama ini, dengan melakukan perbaikan jalan (red- cor beton) di wilayah kerja ring 1. Salah satunya di Desa Talang Akar Kecamatan Talang Ubi. Tentu, Dengan adanya infrastruktur yang berkualitas akan memperlancar roda perekonomian masyarakat dan sudah barang tentu manfaat nyata kehadiran Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Field Pendopo dirasakan oleh masyarakat melalui implementasi program-program CSR yang telah memberikan dampak positif serta memperlancar perekonomian secara tidak langsung dan mendukung kemajuan desa maupun pemerintah daerah. 

Selain itu, melalui binaan PHR Zona 4 Field Pendopo salah satu Kelompok Tani Rejomulyo yang tergabung dalam kelompok pembelajaran Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP) sudah berhasil mengembangkan padi Sri Organik di wilayah Persawahan Komplek Pertamina Abab Rejosari di Kelurahan Talang Ubi Utara Kecamatan Talang Ubi.

Penanaman padi SRI organik itu merupakan program pemberdayaan masyarakat yang dimulai pada tahun 2019 lalu. Program ini mengusung konsep Pertanian Sehat, Ramah Lingkungan, dan Berkelanjutan (PSRLB) yang mengajak petani untuk menggunakan pupuk kompos dan pupuk cair organik yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu kelompok tani Rejomulyo Endro, menceritakan. Sebelum dibina oleh PHR Zona 4 Field Pendopo sawah garapannya hanya menghasilkan kurang dari 3 ton per hektar. Namun, setelah menggunakan metode ini, hasil panen mencapai 7,3 ton per hektar. Ada kenaikan lebih dari 4 ton per hektar. Selain itu penamannya dalam setahun bisa dilakukan sebanyak 3 kali.

Kenaikan ini karena kami mengikuti pelatihan yang diberikan dan menerapkan konsep pertanian sehat, ramah lingkungan dan berkelanjutan dari PHR Zona 4 Field Pendopo. Tentu dengan dibinanya kelompok tani masyarakat bisa meningkatkan pendapatan dan juga mendapat nilai jual bagi kelompok tani ini sendiri,"katanya saat dijumpai media belum lama ini.

Dengan Keberhasilan pengembangan penanaman padi Sri Organik oleh kelompok binaan PHR Zona 4 Field Pendopo mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten PALI.

“Dengan menggerakkan kembali pola pertanian SRI organik ini metode filosofi bangsa kita. Sebab dahulu sebelum menanam atau memanen padi, para leluhur kita mengadakan selamatan yang menghormati Dewi SRI. Tentu saja, ini harus dikembangkan dan kepada OPD terkait tolong dampingi. Kemudian langkah Pertamina Pendopo bisa ditiru perusahaan-perusahaan lain yang beroperasi di kabupaten PALI dengan menyisihkan sedikit keuntungannya demi kemajuan masyarakat PALI,” terang Wakil Bupati PALI Drs. H. Soemarjono beberapa waktu lalu.

Disisi lain, PHR Zona 4 Field Pendopo selalu berkontribusi dengan memberikan pinjam pakai sarana gedung dan olahraga, baik itu digunakan untuk kepentingan hajatan, acara kedinasan maupun even-even besar masyarakat maupun pemerintah Kabupaten PALI. Sarana yang dimaksud seperti, Pesos, Arsendora, Orkes, Gelora, Lapangan Golf, Perpop dan berbagai sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Kendati demikian masyarkat berharap kepada perusahaan ber Plat Merah itu agar berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten PALI untuk meningkatkan tempat - tempat pariwisata yang ada di Bumi Serepat Serasan. Salah satu tempat yang dimaksud adalah lapangan Golf yang berada di pinggir jalan utama Kecamatan Talang Ubi.

Karena, sudah bukan rahasia lagi, jika Pesona Lapangan Golf milik Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Field Pendopo yang berada dikawasan Kelurahan Handayani Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, Sumatera Selatan. merupakan salah satu daya tarik incaran banyak masyarakat untuk berlibur, maupun bersama foto bahkan dijadikan objek foto prewed, baik dari masyarakat Kabupaten PALI sendiri maupun masyarakat luar Daerah Kabupaten PALI.

Menurut Santo (29) salah satu masyarakat Kecamatan Talang Ubi, bahwa. Lapangan Golf sudah barang tentu menambah “nilai jual” bagi pemerintah maupun pelaku UMKM atau masyarakat sekitar, karena kerap dijadikan destinasi liburan oleh masyarakat umum.

Destinasi di PALI terbilang sedikit, tidak menutup kemungkinan dihari-hari besar, terutama saat lebaran banyak masyarakat PALI maupun luar PALI datang ke lapangan Golf untuk berlibur. Secara tidak langsung membuktikan bahwa keindahan Lapangan Golf menjadi potensi yang sangat besar untuk terus dikembangkan. Sehingga bisa menambah daya tarik lebih bagi masyarakat dan nantinya juga berdampak pada ekonomi kreatif maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tuturnya.(SH)

No comments

Powered by Blogger.