Pemkab Ogan Ilir Akan Hidupkan Kembali Tradisi Cawisan Ini : Penjelasan Kabag Kesra..!!


OGAN ILIR-BERITA-ONE.COM-- Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir  melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) berencana akan menghidupkan kembali cawisan, atau pengajian di tingkat Kabupaten Ogan Ilir. 

Kabag Kesra Kabupaten Ogan Ilir, Ahmad Albatani SH.M.Si,.mengungkapkan, selama ini pengajian yang ada di Kabupaten Ogan Ilir lebih didominasi oleh kelompok pengajian ibu-ibu atau majelis taklim yang ada di desa dan kelurahan.

"Pada Momens Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H ini , rencananya kita akan menghidupkan kembali cawisan yang  sempat redup selama ini, insya Allah..dalam waktu dekat ini Kita akan melaunching cawisan, untuk menghidupkan kembali cawisan di kalangan masyarakat Kabupaten Ogan Ilir,"  Terangnnya, pada Kamis (20/7/2023).

Dijelaskan  Albatani, cawisan ini merupakan hasil kerjasama antara Bagian Kesra Kabupaten Ogan Ilir dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ogan Ilir. 

"Ini sebenarnya program MUI yang bekerjasama dengan Bagian Kesra Kabupaten Ogan Ilir. Insyaallah, launchingnya akan dilakukan 25 Juli 2023 mendatang," jelasnya. 

Kemudian dilanjutkan  Albatani, cawisan ini sama halnya dengan pengajian yang dilakukan kaum wanita di Kabupaten Ogan Ilir. namun perbedaannya dengan cawisan diikuti pula oleh kaum pria. Jadi tidak didominasi oleh kaum ibu-ibu saja

"Kalau yang ada sekarang ini kan lebih banyak pengajian ibu-ibu. Kalau cawisan itu, pengajiannya tidak hanya diikuti oleh ibu-ibu melainkan bapak-bapak juga," Beber kabag kesra Oi Ahmad Albatani

Ditambahkannya lagi, bahwa cawisan tingkat Kabupaten Ogan Ilir ini menurut rencana akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Dimana, untuk tausyiahnya akan disampaikan oleh orang-orang yang berbeda. 

"Untuk penceramahnya diatur oleh MUI. Termasuk tempatnya mereka juga yang menentukan. Tapi, untuk perdana nanti kita pusatkan di Masjid An-Nur Tanjung Senai Indralaya," Ungkapnya

Hal senada juga di ungkapkan Ketua MUI Kabupaten Ogan Ilir, Nurhasan ia mengatakan, program Ogan Ilir Cawisan ini akan dilaunching bertepatan dengan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah oleh Pemkab Ogan Ilir.

"Ini merupakan program MUI yakni Ogan Ilir Cawisan. Tujuan kita ya untuk menghidupkan kembali cawisan, yang dulu sempat ramai pada tahun 1990-an. Kalau sekarang kan sudah tidak pernah terdengar lagi gaungnya," ujarnya.

Cawisan merupakan suatu kegiatan tausyiah mengenai pembahasan rukun-rukun Islam, ilmu Fikih, ilmu Tauhid, dan sebagainya, yang dilakukan secara berjama'a.(Zaki)

No comments

Powered by Blogger.