Bupati PALI Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM Buka Pasar Murah


PALI,BERITA-ONE.COM - Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM langsung membuka pasar murah yang secara simbolis di halaman Kantor Kelurahan Talang Ubi Selatan, Kecamatan Talang Ubi, Selasa (5/9/2023).

Pagelaran pasar murah melakukan secara serentak di enam kelurahan wilayah Kecamatan Talang Ubi. Yakni, Kelurahan Talang Ubi Barat, Kelurahan Talang Ubi Timur, Kelurahan Talang Ubi Selatan, Kelurahan Pasar Bhayangkara, Kelurahan Handayani Mulia dan Kelurahan Talang Ubi Utara.


Pasar murah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten PALI dimotori oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dengan menggelontorkan 10.400 paket sembako murah.

Pada gelaran pasar murah yang dibuka Bupati Heri Amalindo, harga beras premium dengan berat 5 kilogram, masyarakat hanya mengeluarkan Rp47.000,- yang artinya harga per kilogram hanya Rp9.400,-

Bukan hanya beras yang disiapkan Pemkab PALI, dalam menekan harga beras juga harga Sembako yang saat ini terus merangkak, namun ada juga jenis bahan pokok yang bisa ditebus masyarakat dengan harga murah karena telah disubsidi oleh pemerintah. Seperti, Gandum Kemasan 1 Kg, Gula Kemasan 1 kg, Minyak Goreng Kemasan 2 Kg, Mie Instan Goreng 5 Bungkus.


Semua jenis bahan pokok berupa paket termasuk beras tersebut bisa dibawa pulang masyarakat hanya dengan Rp.90.000 saat pasar murah digelar.

Tentu saja, dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat pun antusias mendatangi lokasi digelarnya pasar murah. 

Seperi yang disampaikan oleh Ina (43) salah satu warga Kelurahan Talang Ubi Selatan sangat bersyukur dengan adanya pasar murah yang dilakukan Pemkab Pali.

" Tentu kami sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada Pak Heri Amalindo dengan adanya pasar murah ini, karena belakangan harga sembako di pasar dan warung harganya tidak karuan dan relative mahal dari biasanya, seperti beras 5 Kg jenis premium saja yang sekarang harganya sudah menyentuh 75 ribu, " tuturnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten PALI Brisvo Diansyah, M,ST. MM menerangkan bahwa pada gelaran pasar murah kali ini, pihaknya menyiapkan 10.400 paket sembako untuk masyarakat sesuai data dari kementrian sosial (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan usulan kelurahan.


Untuk pasar murah kali ini kita fokuskan terlebih dahulu di 6 kelurahan. Untuk jumlahnya ada 10.400 paket. Harga grosir paket sembako yang kita siapkan ini Rp141.000, tetapi setelah disubsidi menjadi Rp90.000," terangnya.

Brisvo juga meminta seluruh Lurah yang ada, pada pagelaran pasar murah nanti untuk diawasi, jangan sampai harga yang sudah ditetapkan berubah dan ditambah-tambahkan.

"Tolong kepada Lurah untuk di pantau langsung, sehingga pembagian tepat sasaran dan harga sembako sesuai kebijakan Bupati Heri Amalindo dengan harga Rp.90.000 saja," harapnya.

Sementara itu, Bupati PALI, DR. Ir. H. Heri Amalindo, MM menyampaikan bahwa, digelarnya pasar murah untuk mengatasi laju inflasi dan membantu masyarakat dalam menyediakan bahan pokok.

Antisipasi laju inflasi, kita gelar pasar murah dalam membantu masyarakat di kecamatan Talang Ubi dalam menyediakan bahan pokok dan menstabilkan harga bahan pangan di kabupaten PALI," ungkap Bupati. 

Dikemukakan Bupati, bahwa. dalam menjaga ketersediaan bahan pokok bukan pekerjaan mudah, untuk menjaga hal itu Pemkab melalui Disdagprin terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak terkait agar kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi.

"Menjaga keseimbangan antara barang dan kebutuhan bukan pekerjaan enteng, perlu adanya koordinasi yang terus dilakukan sehingga kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok tetap terpenuhi," tukas Heri Amalindo yang telah menyatakan kesiapannya maju sebagai calon Gubernur Sumsel pada Pilkada 2024 mendatang.(ADV)

No comments

Powered by Blogger.