Ketua MA Resmikan Aplikasi Modern Di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Ketua MA Tanda Tangani Prasasti

JAKARTA, BERITAONE. CO. ID---Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Prof Dr. H.Syarifudin,SH.MH   mengapresiasi kepada Ketua Pengadilan Tinggi (PT) DKI  Jakarta pada acara Peresmian  “Sarana Prasarana dan Inovasi Pelayanan Berbasis IT di PT DKI Jakarta” Kamis  (28/3/2024)

Dalam sambutannya, Ketua MA RI mengatakan banyak sekali perubahan positif yang dilakukan oleh Ketua PT DKI Jakarta dalam upaya memberikan layanan publik dengan inovasi berbasis IT. Salah satu inovasi penting adalah adanya Pusat Kendali di lingkungan kantor PT DKI Jakarta yang terkoneksi dengan 5 ( lima ) satker yaitu 5 ( lima ) pengadilan negeri di DKI Jakarta, sehingga melalui fasilitas Pusat Kendali tersebut Ketua Pengadilan Tinggi DKI atau fungsi pengawasan ke seluruh satker bisa dilakukan secara daring. Ketua MA RI dan Wakil Ketua MA RI Bidang Yudisial sempat melakukan uji coba pengawasan daring pada PTSP PN Jakarta Pusat serta persiapan sidang di PN Jakarta Selatan.

Bahkan sempat bertanya pada para pihak yang sedang menunggu jadwal sidang. Nampak pimpinan sangat puas dengan adanya inovasi Pusat Kendali tersebut. 

Selain Pusat Kendali, juga dipresentasikan beberapa aplikasi berbasis IT diantaranya MONALISA, MEDALI, SI-LADANG yang tujuan utamanya adalah agar seluruh aparatur pengadilan di wilayah hukum PT DKI lebih disiplin dan efektif dalam melayani publik pencari keadilan.

Sementara itu Ketua Pengadilan Tinggi (PT)  DKI Jakarta  Jakarta, Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. menjelaskan, aplikasi yang diluncurkan adalah aplikasi Monitoring dan Analisa Kinerja (MONALISA), aplikasi Si-PITUNG untuk pelaporan dan aplikasi Digital Layanan Persidangan (DILADANG) untuk mengikuti sidang secara online pada Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. 

Juga dijelaskan oleh Ketua PT tentang instruksi Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta untuk meningkatkan penerapan aplikasi Elektronik Berkas Pidana Terpadu (e-Berpadu) dan persidangan elektronik perdata dengan E-Court pada seluruh pengadilan negeri yang ada di Jakarta.

Perbaikan sarana prasarana yang telah dilakukan untuk mendukung kinerja dan pelayanan pengadilan tinggi dan  juga di peragakan pelayanan digital secara drive-thru menggunakan aplikasi Di-PANDU. 

Pada acara ini para pejabat MA  berkesempatan melihat progres pembangunan Masjid Nurul Adli pada Pengadilan Tinggi DKI Jakarta untuk memudahkan para aparat peradilan maupun pengunjung untuk beribadah.

Hadir dalam acara ini antara lain, sejumlah pejabat dari MA dan PT DKI Jakarta, para Ketua Pengadilan Negeri Jakarta, serta pegawai dan undangan lainnya. (SUR).

No comments

Powered by Blogger.