Raskin Mampu Bantu Stabilkan Harga beras

PRABUMULIH, PP - Keinginan Pemerintah Jokowi yang akhirnya akan tetap mempertahankan bantuan beras miskin (Raskin) pada tahun ini, disambut baik oleh Pemerintah Kota Prabumulih melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Kelurahan dan Desa (BPMPKD) Kota Prabumulih.

Menurut Kepala BPMPKD Kota Prabumulih, Yosef Manjam, Raskin sangat membantu kebutuhan rakyat miskin. "Apalagi harga beras kan mahal, harga BBM yang naik turun, jadi tentu saja sangat membantu rakyat kurang mampu yang sangat membutuhkan beras dengan harga yang terjangkau,"Ungkapnya kepada koran ini, kemarin (21/1).

Yosef menuturkan dengan adanya raskin tersebut, dapat membantu menstabilkan harga beras di pasaran, "Kalau ada raskin, rakyat tetap mampu beli beras, sehingga intensitas pembelian beras di pasaran,kalau begitu harga beras dapat stabil, karena kalau memang berasnya tanpa pengawet, para pedagang beras tidak akan menimbun berasnya lama-lama, karena akan rusak oleh kutu, jadi harus cepat dijual beras-beras tersebut,"Bebernya.

Ketika disinggung berapa kuota raskin yang diterima Kota Prabumulih, Dia menerangkan bahwa jumlah kuota sesuai dengan data Rumah Tangga Sasaran (RTS),"Kita masih mengacu pada data 2011 yaitu sejumlah 8.799 RTS dan setiap RTS atau KK mendapat jatah 15 kilogram jadi sejumlah 131, 985 ton/bulannya, kalau ditotalkan setahun kuota yang kita terima sebanyak 1583,82 ton,"Terang Yosef.

Dia juga menambahkan karena masih mengacu data tahun 2011, jadi kemungkinan ada saja warga miskin yang tidak dapat bantuan raskin tersebut,"Karena warga tersebut tidak termasuk data yang lama, otomatis tidak dapat, tapi akan kita usulkan untuk kedepannya pada pemerintah pusat, apalagi sekarang Bappeda masih mendata jumlah total RTS yang aktual, sehingga mudah-mudahan kedepannya seluruh warga kurang mampu akan mendapatkan raskin,"Ujarnya.

Selain itu Yosef menerangkan agar dalam pembagian Raskin tersebut, pihak terkait untuk tidak menjual raskin tersebut diluar harga yang resmi,"Harganya kan Rp 1.600, jadi jangan menjual jauh dari harga tersebut,"Pungkasnya.

No comments

Powered by Blogger.