Hj Sri Kustina Lantik Pengurus TP-PKK Kabupaten PALI



PALI, BERITA-ONE.COM - Memiliki anak berkemampuan khusus bukan berarti aib bagi orang tua. Justru orang tua harus memberikan perhatian khusus pada anak tersebut. Bahkan memberikan pendidikan agar anak bisa mengenyam pendidikan.

Demikian diungkapkan Ketua TP-PKK Kabupaten PALI Ir Hj Sri Kustina saat melantik Pengurus TP-PKK Kab PALI di Gedung Arsendora Pendopo, selasa (8/3).

“Kita tidak perlu malu memiliki anak berkemampuan khusus, justru harus kita berikan perhatian dan pendidikan" ujar Sri Kustina.
 
Anak berkemampuan khusus itu, lanjut Sri, harus diberikan pendidikan di sekolah umum dan nanti pihak sekolah akan menyediakan guru khusus.
 
Untuk memberikan pendidikan yang layak kepada anak seperti itu, Sri berharap agar pengurus TP-PKK tingkat desa untuk melakukan pendataan terhadap tingkat kesejahteraan desa. Baik data penyandang cacat, jumlah PKH dan sebagainya.
 
Dengan adanya data yang akurat, maka akan memudahkan dalam penyusunan program kerja. Termasuk bagaimana mengatasi anak berkebutuhan khusus dan penyandang cacar. Sementara kendala dan kebutuhan program bisa mudah untuk koordinasi dengan jajaran lebih tinggi seperti PKK Kabupaten, ‎TP-PKK Propinsi bahkan TP-PKK Pusat. Dengan begitu akan memudahkan saat pemerintah menyusun program untuk mengatasinya.
 
"Kita harus membantu pemerintah dalam mensejahterakan keluarga" ujar Sri.
Selain itu, Sri Kustina ‎berharap agar para pengurus TP-PKK mulai tingkat desa segera menyusun program kegiatan melanjutkan program kegiatan yang pernah disusun saat dirinya menjabat Ketua TP-PKK Kabupaten PALI periode 2013-2015 lalu.
 
"Kita bisa melanjutkan program yang pernah kita lakukan pada periode lalu seperti kegiatan pemanfaatan pekarangan, pemanfaatan hasil pekarangan, sosialisasi KB, rumah sehat dan bersih, keterampilan keluarga, pemberian makanan tambahan anak dan lain-lain" ujar Sri.
‎Heri Ingin Desa-desa Belajar dari Desa Percontohan
 
Dalam kesempatan itu juga, Sri menampilkan slide tentang desa percontohan tingkat nasional. Diharapkan, dengan menampilkan kegiatan didesa-desa tersebut akan memotivasi dan memberi inspirasi para Kades dan TP-PKK desa dan kelurahan.
 
Senada dengan Sri Kustina, Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM berharap agar seluruh kepala desa dan TP-PKK‎ untuk aktif dengan menyusun program yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Agar Kades dan TP-PKK dapat belajar lebih banyak, Heri meminta kepala BPMPD untuk memfasilitasi para kepala desa agar belajar dari desa-desa percontohan yang telah meraih prestasi tingkat nasional.
 
"Berikan kesempatan kepada para Kades dan ketua TP-PKK desa untuk belajar dan melihat bagaimana desa-desa yang berprestasi di tingkat nasional. Kalau mau berprestasi tinggi kita harus mencontoh kepada desa-desa yang sudah meraih prestasi tinggi.
 
"Meski kita dari kampung, tapi jangan sampai jadi kampungan. Kita harus maju. Untuk maju kita harus mencontoh desa-desa yang lebih maju ditingkat nasional" ujar Heri Amalindo.(ADV/BERITA-ONE.COM)

No comments

Powered by Blogger.