Kepala 'Garuda Dempo' Hilang.


Tampak patung garuda dempo yg menjadi ICon tap kepalanya putus

LUBUKLINGGAU,BERITA-ONE.COM - Patung burung Garuda Dempo yang berada di Kelurahan Watas, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, saat ini mengalami kerusakan yang disinyalir diakibatkan lama tak mendapatkan perawatan dan termakan usia, Rabu (27/4)
Akibatnya, beberapa bagian patung yang selama ini menjadi salah satu icon kebanggaan warga Kota Lubuklinggau ini pun terlihat lusuh dan nampak tak lagi gagah, dikarenakan salah satu bagian yang paling penting, yakni kepala Sang Garuda, telah hilang entah kemana hingga menyisakan bagian tubuh dan sayap saja.

"Kalau bentuknya sudah seperti itu, mana gagah lagi. Burung Garuda kan identik dengan tatapan mata tajam dan muka yang mencerminkan keseraman. Sayang sekali kalau tidak secepatnya diperbaiki," ungkap salah satu warga setempat, Sri Frades (26).
Ia yang ditemui saat melintas di jalan tersebut mengaku, tidak tahu pasti sejak kapan kepala sang garuda hilang, namun kondisi ini diharapkannya dapat segera mendapatkan perhatian Pemerintah Kota (Pemkot), sebab patung tersebut berdiri persis di batas wilayah antar Provinsi, yakni Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) - Bengkulu.

"Kalau pengunjung yang melintasi jalan itu, tentu kan tertawa melihat icon patung burung tanpa kepala. Itu mencerminkan ketidakpedulian Pemerintah, jika dibiarkan terus menerus," jelasnya.
Sementara itu, Dandim 0406/MLM Musirawas, Lubuklinggau dan Muratara, Letkol Inf M Thohir mengaku, pihaknya telah mengusulkan perbaikan di taman perbatasan tersebut, kendati memang belum diketahui secara pasti kapan hal tersebut akan direalisasikan.

"Sudah kita sampaikan kepada pihak Pemkot Lubuklinggau. Rencananya, selain memperbaiki patung burung Garuda Dempo itu, lokasi taman juga akan dilakukan pemugaran, tetapi belum tahu kapan akan direalisasikan. Yang jelas, jika sesuai usulan kita, patung itu akan dibuat baru, tinggal tunggu pelaksanaannya saja," ungkapnya. (Joni)


No comments

Powered by Blogger.