Heru Martin : Jalan Becek,Pemda dan Perusahaan Akan Bangun Ditahun Depan



PALI,BERITA-ONE.COM-Kondisi jalan Kota Pendopo Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menuju Desa Talang Akar Kecamatan Talang Ubi, memprihatinkan ,saat ini masih banyak titik yang rusak akibat belum tersentuh pengecoran maupun pengaspalan oleh pihak terkait,para guru jadi terhambat ngajar - mengajar.

Kerusakan jalan ini dikarnakan masih tanah dan hanya dilalukan pengerasan koral,selain itu jalan ini ketika hujan turun becek dan musim kemarau berdebu.

Dari pantauan wartawan kerusakan jalan ini diperkirakan seluruhnya sepanjang Dua kilometer yang tersebar di berbagai titik menuju Pendopo Talang Akar Kecamatan Talang Ubi,Kabupaten PALI.

Hal ini dikatakan Sumiati Waluyo Kepala Sekolah SMPN 2 Kecamatan Talang Ubi,Kabupaten PALI. "Jalan Pendopo menuju Desa Talang Akar sangat memprihatinkan,masih banyak titik jalan yang belum dibangun pengecoran kurang lebih Dua Kilometer,sehingga dimusim hujan becek dan musim kemarau berdebu.

"Saat musim hujan tentunya ini jadi hambatan bagi kami,saya (Sumiati-Red) dan kawan-kawan guru yang mengajar di Desa Talang Akar semua naik motor kalau malam ataupun pagi hari,turun hujan jelas jalan licin dan becek mengakibatkan terbalik jatuh,bahkan kami urungkan niat untuk naik motor dan mencari tumpangan mobil dan kadang-kadang mencarinya susah apa lagi dipagi hari mobil tidak banyak lagi menuju Desa Talang Akar jadi terpaksa kami menunggu lama,keluh Sumiati kepada Media BERITA-ONE.COM ,Selasa (11/10/2016).

" Saya berharap agar Pemerintah Kabupaten PALI melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) dapat memperbaiki jalan Kecamatan Talang Ubi menuju Desa Talang Akar,dengan kondisi jalan yang baik,otomatis transportasi akan lancar dan aktivitas ngajar-mengajar tidak ada hambatan ,apa lagi saya sebagai tenaga pengajar dan guru lainnya yang dari Pendopo PALI menuju Sekolah Talang Akar pulang pergi,ungkap Sum.

Lanjut Sumiati berharap. "kami sangat berharap supaya pemerintah dapat mempercepat pembangunan atau pengecoran jalan itu ,karena dimusim hujan jalan itu becek dan licin,dimusim kemarau berdebu,apa lagi sekarang sering turun hujan kami merasa khawatir takut akan terbalik akibat jalanya licin,karena jalan tersebut masih tanah dan hanya koral saja,selain jalan ini becek dimusim penghujan dimusim kemaraupun berdebu",katanya.

Hal yang senada dikatakan Angsi (17) salah satu pelajar PALI asal Desa Setia Jaya Kecamatan Sungai Keruh MUBA. " Belum lagi kalau hujan, jalanan ini jadi sangat becek." Sering kak kami jatuh akibat buruknya kondisi jalan ini.Apa lagi kami setiap hari memggunakan jalan ini untuk pergi kesekolah, untuk itu kita berharap ada perhatian pemerintah untuk menyikapi ini, agar jalan ini menjadi baik dan bagus serta mempelancar kegiatan kita sehari-hari " terang Angsi dan diamini temannya.

Sementata itu,Kepala Desa Talang Akar Heru Martin mengatakan," Kami dari Pemerintahan Desa sangat berharap, baik kepada Pemda dan Perusahaan terkait Jalan Kota Pendopo Menuju Desa Talang Akar yang belum di cor supaya pengecoran jalan dapat di dilakukan serta di percepat pengerjaannya,masysarakat kami sudah banyak sekali yang mengluhkan kondisi jalan, karena jalan tersebut adalah salah satu akses masyarakat desa untuk menuju ibukota Kabupaten Pali,dan jalan tersebut juga dipergunakan anak-anak untuk pergi kesekolah yang di PALI".harapnya.

" Memang pada tahun 2014 lalu jalan menuju Desa Talang Akar, sempat dilakukan pengecoran sepanjang 10 km yang dilakukan oleh pemerintah dan bekerja sama dengan pihak perusahaan yang beraktvitas di wilayah Desa Talang Akar, namun sekitar 5 km saja baru dicor,Pemerintah dan Perusahaan mengatakan akan melakukan pengecoran jalan di tahun depan,banyaknya titik jalan Kota Pendopo menuju Desa Talang Akar masih becek,agar kiranya masyarakat pengguna jalan dapat bersabar,tutupnya.(Suhardi)

No comments

Powered by Blogger.